Selasa, 29 Mei 2012

Isu Sumber Daya Alam


Isu Sumber daya Alam


Oleh Doddy Setia Graha

Ada beberapa isu utama dalam pemberdayaan sumber daya alam yang merupakan anugerah Allah yang tidak terkira, antara lain :
¨      Isu pertama dapat dikemukakan pertanyaan mengenai “berapa lama dan dalam keadaan bagaimana kehidupan manusia dapat berlangsung terus di bumi ini dengan persediaan tertentu dari sumber daya yang melekat di suatu tempat (insitu resource), yang dapat diperbaharui tetapi dapat rusak, serta terbatasnya sistem lingkungan hidup”. Dalam hal fungsi lingkungan alam mempunyai peranan ganda yaitu sebagai sumber bahan mentah dan sebagai pengolah limbah secara alami, serta sebagai sumber kesenangan (amenity).
¨      Isu kedua mengenai lokasi persediaan yang diketahui, bila dipergunakan terus menerus akan habis. Masalah ini berhubungan erat dengan bahan galian yang sifatnya tidak dapak dapat diperbaharui, sekali pakai langsung habis.
¨      Isu ketiga adanya pengalaman sejarah mengenai pergeseran dari sumber daya yang dapat diperbaharui ke sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Pergeseran ini terjadi di batu bara, barang ini menjadi semakin penting setelah persediaan arang kayu semakin sedikit serta harganya naik.
¨      Isu keempat berhubungan dengan kebijaksanaan penggunaan sumber daya alam pada masa yang lampau dimana banyak tindakan yang tidak bijaksana, berpandangan dekat, eksploitasi yang berlebihan terhadap sumber daya alam. Kebijakan ini berhubungan erat dengan faktor pemerintah dan tingginya permintaan masyarakat akan kebutuhan sumber daya alam seperti bahan galian. Semakin pesatnya pembangunan kebutuhan akan bahan galian akan meningkat pula serta jenisnyapun semakin beragam.
¨      Isu kelima peranan penting sumber daya alam sebagai faktor-faktor utama bagi pertumbuhan ekonomi. Bangsa Banten sejak zaman Orba (Orde Baru) sampai saat ini masih menggantungkan pertumbuhan ekonominya pada sektor migas (minyak dan gas). Sektor ini identik dengan kegiatan penambangan yang berhubungan erat sekali dengan sumber daya alam.
¨      Isu keenam semakin memburuknya keadaan lingkungan sebagai akibat kemiskinan yang berkelanjutan dan pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan. Kedaan krisis ekonomi saat ini memburukan kondisi lingkungan dan keadaan masyarakat. Bila keadaan tersebut tidak cepat ditangani akan menyebabkan memburuknya lingkungan akan mengurangi kesejahteraan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar