Selasa, 29 Mei 2012

Pengembangan Wilayah


Pengembangan Wilayah

Oleh : Doddy Setia Graha

Dengan memperhatikan unsur pendukung pengembangan wilayah, yaitu informasi geologi dan potensi sumber daya, maka perencanaan akan lebih menuju kepada pengisian tata ruang wilayah yang akan dikembangkan. Aspek lain yang patut diperhatikan dengan mengingat pengembangan potensi sumber daya adalah masalah daya dukung wilayah dan aspek lingkungan.

Daya dukung wilayah akan memberikan batasan sejauh mana suatu wilayah dapat dikembangkan dengan memperhatikan berbagai faktor keterbatasan. Sedangkan aspek lingkungan memberikan suatu wawasan terhadap akibat yang mungkin timbul bilamana pengelolaan dan pemanfaatan potensi sumber daya alam melewati batas ambang. Aspek daya dukung dan aspek lingkungan merupakan faktor-faktor kendala pembatas yang mungkin terjadi sebagai akibat pemanfaatan potensi sumber daya alam yang berlebihan, terutama sebagai akibat ulah manusia.

Perekonomian yang didasarkan kepada sumber daya alam dapat dicerminkan pada pola tata guna lahannya. Sehingga besaran kuantitatif dan informasi geologi (tata guna lahan) dapat dijadikan indikator konstribusi suatu sektor di dalam perekonomian daerah. Penentuan sektor unggulan dalam menunjang perekonomian serta penerapan teknologi untuk meningkatkan perekonomian perlu diperhatikan dan ditempatkan pada lahan yang sesuai agar tidak mengganggu pengembangan wilayah secara keseluruhan.

Wilayah Banten secara alamiah yang diturunkan dari generasi ke generasi pada saat kini terlihat beberapa pengembangan wilayah, Banten utara merupakan pedataran dengan sektor yang berkembang antara lain perkontoran, pusat niaga, hunian, industri yang keseluruhan merupakan beban berat yang harus dipikul yang penuh resiko dan tangtangan. Banten tengah, terdapat dua daerah ibu kota kabupaten, yaitu Pandeglang dan Rangkasbitung. Wilayah lainnya merupakan daerah yang terbuka dipergunakan sebagai lahan pertanian, perkebunan, kehutanan, pertambangan dan lain sebagainya. Banten selatan sebagian besar merupakan daerah yang terbuka kegiatan perekonomian hanya terpaku dari sektor sumber daya alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar