Rabu, 30 Mei 2012

Jenis Tanah


JENIS TANAH

Oleh : Doddy Setia Graha


1. Tanah Laterit
Tanah laterit adalah tanah jenis kaya zat besi dan aluminium, terbentuk di daerah tropis yang panas dan basah. Hampir semua laterit yang berkarat-merah karena oksida besi. Prosesnya mengembangkan dengan intensif dari pelapukan yang sudah berjalan lama terhadap batuan induk. Pelapukan tropis (laterization) adalah sebuah proses berkepanjangan berupa pelapukan kimiawi yang menghasilkan berbagai macam diketebalan, kelas, kimia dan mineralogi bijih tanah yang dihasilkan. Sebagian besar wilayah tanah dengan laterit.

Laterit adalah pembentukan permukaan kaya zat besi dan aluminium, dibentuk di tempat yang panas dan basah pada daerah tropis. Hampir semua laterit yang berkarat-merah karena oksida besi. Meliputi laterit yang tebal pada daerah stabil, laterit pada dataran tinggi mencapai 30 m tebalnya. Laterit dapat berupa lunak dan mudah patah menjadi potongan-potongan yang lebih kecil, dan tahan secara fisik. Batuan basement yang terkubur di bawah lapisan tebal dan jarang terkena cuaca. Tanah laterit membentuk bagian paling atas penutup laterit.

Secara historis, laterit dipotong menjadi bata-seperti bentuk dan digunakan dalam membangun monumen dan candi Angkor Wat dan situs Asia Tenggara berubah menjadi hamparan kuil yang terbuat dari laterit, batu bata dan batu.

Tebal lapisan laterit yang berpori dan sedikit permeabel, sehingga lapisan dapat berfungsi sebagai akuifer di daerah pedesaan. Laterit tersedia secara lokal yang digunakan dalam larutan asam, diikuti oleh presipitasi untuk menghilangkan fosfor dan logam berat di instalasi pengolahan limbah.
Laterit adalah sumber dari bijih aluminium yang sebagian besar dalam mineral lempung dan hidroksidagibbsiteboehmite dan diaspore yang menyerupai komposisi bauksit. Bijih laterit juga adalah sumber utama awal nikel .

2. Pembentukan
Pembentukan  tanah laterit pada iklim tropis (laterization) adalah sebuah proses berkepanjangan pelapukan kimiawi yang menghasilkan berbagai macam diketebalan, kelas, kimia dan mineralogi bijih tanah yang dihasilkan. Produk awal pelapukan batuan dasarnya adalah kaolinisasi disebut saprolit (Gambar 1.). Sebuah periode laterisasi aktif diperpanjang dari sekitar periode Tersier Tengah sampai Kuarter Tengah (35 hingga 1,5 juta tahun lalu). Analisis statistik menunjukkan bahwa transisi di level rata-rata dan varian dari 18O selama Pleistosen Tengah. Hal ini adalah perubahan mendadak secara global dan terutama merupakan peningkatan massa es. Pada waktu yang sama terjadi penurunan mendadak dalam suhu permukaan laut. Kedua menunjukkan perubahan pendinginan global secara tiba-tiba. Tingkat laterisasi akan menurun dengan pendinginan tiba-tiba bumi. Pelapukan di iklim tropis berlanjut hingga hari ini, di tingkat penurunan.




Gambar 1. Profil vertikal tanah laterit.
A Mewakili tanah; B mewakili laterit, sebuah regolith; C mewakili saprolit dengan regolith lebih banyak; D merupakan batuan dasar

Laterit terbentuk dari pencucian batuan induk sedimen seperti batupasirlempungbatugampingbatuan metamorf antara lain sekisgneismigmatit serta batuan bekunya adalah granitbasalt, gabro, peridotit, dan mineralisasi bijih  yang meninggalkan lebih larut ion, terutama besi dan aluminium. Mekanisme reaksi kimia terhadap mineral utama di bawah kondisi temperatur tinggi  dari wilayah lembab beriklim hujan. Sebuah hal penting dalam pembentukan laterit adalah pengulangan basah dan musim kering. Batuan yang tercuci oleh air hujan meresap selama musim hujan, larutan yang mengandung ion-ion yang dihasilkan tercuci dibawa kepermukaan oleh proses kapiler selama musim kemarau. Ion-ion ini terbentuk yang larut dalam senyawa garam yang kering pada permukaan. Garam-garam tersebut dicuci selama musim hujan berikutnya. Pembentukan laterit biasanya pada topografi rendah dan dataran tinggi yang mencegah erosi dari penutup permukaan.

Komposisi mineralogi dan kimia laterit tergantung pada batuan induknya. Laterit terutama terdiri dari kuarsa dan oksida titaniumzirkon, besi, timah, aluminium dan mangan, yang tetap selama pelapukan. Laterit bervariasi secara signifikan sesuai dengan, iklim lokasi dan kedalaman. Mineral utama untuk nikel dan kobalt dapat berupa oksida besimineral lempung atau mangan oksida. Besi oksida berasal dari batuan beku mafik yang kaya zat besi, bauksit berasal dari granit. Laterit Nikel terjadi di zona bumi yang mengalami beriklim tropis, pelapukan batuan ultramafik yang mengandung mineral ferro-magnesian olivinpiroksen  dan amphibol.

Pada Mesozoikum sampai Tersier (251 – 65 juta tahun) busur laut dan tabrakan benua. Zona menjalani laterisasi di New Kaledonia, Kuba, Indonesia dan Filipina. Laterit mencerminkan kondisi cuaca masa lalu. Laterit yang ditemukan di masa kini daerah non-tropis adalah produk dari zaman geologi, dahulu daerah yang dekat khatulistiwa. Laterit terjadi di luar daerah tropis dianggap sebagasi indikator dari perubahan iklim, pergeseran benua atau kombinasi dari keduanya.

3. Jenis – Jenis Tanah
Indonesia adalah negara Kepulauan dengan daratan yang luas dengan jenis tanah yang berbeda-beda. Berikut ini adalah macam-macam / jenis-jenis tanah yang ada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara lain :
  • Tanah Humus
Tanah humus adalah tanah yang sangat subur terbentuk dari lapukan daun dan batang pohon di hutan hujan tropis yang lebat.
  • Tanah Pasir
Tanah pasir adalah tanah yang bersifat kurang baik bagi pertanian yang terbentuk dari batuan beku serta batuan sedimen yang memiliki butir kasar dan berkerik.
  • Tanah Alluvial / Tanah Endapan
Tanah aluvial adalah tanah yang dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah yang memiliki sifat tanah yang subur dan cocok untuk lahan pertanian.
  • Tanah Podzolit
Tanah podzolit adalah tanah subur yang umumnya berada di pegunungan dengan curah hujan yang tinggi dan bersuhu rendah / dingin.
  • Tanah Vulkanik / Tanah Gunung Berapi
Tanah vulkanis adalah tanah yang terbentuk dari lapukan materi letusan gunung berapi yang subur mengandung zat hara yang tinggi. Jenis tanah vulkanik dapat dijumpai di sekitar lereng gunung berapi.
  • Tanah Laterit
Tanah laterit adalah tanah tidak subur yang tadinya subur dan kaya akan unsur hara, namun unsur hara tersebut hilang karena larut dibawa oleh air hujan yang tinggi. Contoh : Kalimantan Barat dan Lampung.
  • Tanah Mediteran / Tanah Kapur
Tanah mediteran adalah tanah sifatnya tidak subur yang terbentuk dari pelapukan batuan yang kapur. Contoh : Nusa Tenggara, Maluku, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
  • Tanah Gambut / Tanah Organosol
Tanah organosol adalah jenis tanah yang kurang subur untuk bercocok tanam yang merupakan hasil bentukan pelapukan tumbuhan rawa. Contoh : rawa Kalimantan, Papua dan Sumatera.

3 komentar:

  1. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya cukup tertarik dengan Blog anda mengenai tanah laterit.mohon izin bertanya sebelumnya, mengenai kandungan oksida titanium dalam tanah laterite yang telah disinggung sebelumnya. Dalam riset yang saya lakukan mengenai titanium dioxide telah di ketahui bahwa salah satu komponen reaktif yang mana di purifikasi melalui proses cholride. Sedikit cerita pak sebelumnya, timbul pertanyaan dalam diri saya ketika munculnya satu statement dari salah seorang dosen saya dimana kualitas dari tanah juga mempengaruhi konsentrasi dan kualitas dari titanium pada hasil proses pemurnian. Maaf pak doddy, pertanyaan saya adalah kira - kira relasi dari pada kualitas tanah laterit terhadap pengaruhnya dengan hasil tambang oksida titanium kira - kira ada dimana pak ? Kalaupun ada relasi dari padanya, sekiranya apakah faktor - faktor yang menjadi penentu dari kualitas dari pembentukan kandungan mineral dalma laterite itu sendiri pak ?

    BalasHapus
  2. Was Wr Wb. Sahabat, Titanium ditemukan di banyak mineral. Ilmenit (FeTiO3) dan rutil (TiO2) adalah sumber yang paling penting dari titanium. Ilmenit menyediakan sekitar 90% dari titanium yang digunakan setiap tahun. Diperkirakan bahwa sumber daya ilmenit di dunia mengandung 1 miliar ton titanium dioksida. Sumber daya diperkirakan rutil di dunia mengandung sekitar 230 juta ton dari titanium dioksida.

    Endapan titanium di Indonesia terdapat pada pasir hitam yang kaya akan logam titanium dan besi. Endapan pasir tersebut banyak terdapat di pantai Selatan P. Jawa seperti di Banten Selatan pada daerah Teluk Lada dan Cilacap (Tabel 1.). Pasir besi ini terdapat seperti di Sumatera dan Jawa.

    Tabel 1. Lokasi cadangan titan dibeberapa lokasi
    Provinsi Lokasi
    DI. Aceh Woyla
    Bengkulu Pondok Kelapa, Soluma
    Bangka Belitung Bangka
    Lampung Kalianda
    Jawa Barat Jampang, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis
    Jawa Tengah Cilacap
    Banten Teluk Lada
    Sumber : Dari berbagai sumber

    Semoga berguna sahabat

    BalasHapus
  3. Berarti bisa saya simpulkan pak, bahwa fokus dari pada hasil titanium dioxide yang di peroleh dari mineral adalah pada jenis tanah itu sendiri( Pasir hitam seperti yang bapak jelaskan ), bukan dari kualitas tanah yang terbentuk.
    Terima kasih pak atas jawaban beserta referensinya.

    BalasHapus