Senin, 25 Juni 2012

Obsidian


Obsidian

Oleh : Doddy Setia Graha 


Salah satu bahan galian yang termasuk bahan galian untuk industri, yaitu apa yang dinamakan obsidian. Bahan galian ini mungkin masih asing didengar atau dibacanya. Sebenarnya obsidian merupakan batuan vulkanis yang terdiri dari masa glas yang amorf, mengandung beberapa kristal kecil.
Bentuk obsidian terjadi karena adanya lava yang bersinggung dengan udara, sehingga membeku begitu cepatnya. Berwarna yaitu dari warna hitam hingga jingga, ungu dan merah. Tentu saja dari warnanya saja sudah mencerminkan keindahann di pandang mata. Begitu juga pecahan dari obsidian begitu licin, konkodal, bila obsidian berbentuk tipis.
Adapun terjadinya sebagai lapisan tipis dike, berbentuk glas di permukaan riolit atau masuk dalam kelompok lava. Di lihat dari warna bentuk, dan rupanya obsidian juga merupakan bahan galian yang banyak di gunakan orang.


Kegunaan 
Obsidian banyak digunakan sebagai perhiasan dinding rumah, bahkan digunakan sebagai bahan batu tempel. Juga obsidian banyak di gunakan di dalam industri keramik.
Kegunaan lain dari obsidian untuk bahan penggosok, bahan ringan (non-react ion), campuran bahan bangunan kontruksi ringan, bahan pengisi (filter), bahan isolator, temperatur tinggi, rendah dan akustik, campuran lumpur pemboran dan bahan saringan (filter) serta bahan pembawa (Carrier).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar