Minggu, 23 September 2012

KUARSA


Kuarsa

Oleh :
Doddy Setia Graha

Alamat :
Jl. Tb Suwandi Ciracas
Mahar Regency E No. 6, Ciracas, Serang, BANTEN, 42116
HP 0817799567


SARI
Kuarsa mengacu pada suatu senyawa kimia tertentu (silikon dioksida, atau silika, SiO2), memiliki bentuk kristal tertentu (heksagonal). Ada bentuk lain dari silika yang baik non-kristalin, atau bentuk kristal yang berbeda dari kuarsa. Bentuk-bentuk lain dari silika termasuk opal, chalcedony, batu api atau chert (non-kristalin).
Kuarsa dapat berisi sejumlah kotoran yang berbeda, menciptakan varietas warna yang berbeda. Ungu kuarsa dikenal sebagai kecubung, kuarsa putih susu, kuarsa  berasap hitam; kuarsa pink mawar, dan kuning atau oranye citrine.
Ada dua kegunaan utama sebagai batu permata dan kedua digunakan dalam aplikasi elektronik, di mana sifat fisiknya.

1.      Asal Mula Jadi
Kuarsa dikenal sebagai batu kristal atau gunung kristal. Namun, kuarsa dapat berisi sejumlah kotoran yang berbeda, menciptakan varietas warna yang berbeda. Ungu kuarsa dikenal sebagai kecubung, kuarsa putih susu, kuarsa  berasap hitam; kuarsa pink mawar, dan kuning atau oranye citrine.
Sebagai nama mineral kuarsa mengacu pada suatu senyawa kimia tertentu (silikon dioksida, atau silika, SiO2), memiliki bentuk kristal tertentu (heksagonal). Ada bentuk lain dari silika yang baik non-kristalin, atau bentuk kristal yang berbeda dari kuarsa. Bentuk-bentuk lain dari silika termasuk opal, chalcedony, batu api atau chert (non-kristalin), dan kristobalit, tridimit, coesite, dan stichovite. Empat yang terakhir mineral polimorf kuarsa, yang berarti bahwa mereka memiliki komposisi kimia yang sama (silika), tetapi bentuk-bentuk kristal yang berbeda (tetragonal atau monoklinik). Berbagai warna Chalcedony memiliki nama sendiri: yaspis ketika coklat, akik ketika merah atau coklat kemerahan, chrysoprase ketika hijau, batu akik ketika banded dengan warna yang berbeda.
Kuarsa adalah mineral yang sangat umum dalam kerak bumi. Kuarsa silika, ketika mengkristal dalam rongga terbuka dibebatuan, bentuk kuarsa mudah-diidentifikasi 6-sisi (heksagonal) kristal prismatik. Ketika dibentuk tanpa ruang terbuka, jauh di dalam bumi, kuarsa mengkristal di kecil, massa bulat.
Kuarsa tahan terhadap pelapukan fisik maupun kimia. Ketika batuan menjadi lapuk dan terkikis, butir kuarsa tetap bertahan, terkonsentrasi di tanah, di sungai dan pantai. Pasir putih biasanya ditemukan di sungai dan pantai terutama terdiri dari kuarsa dan felspar berwarna putih atau merah muda.

2.     Nama
Kelimpahan dan bentuk kristal khas, kuarsa telah diakui sebagai mineral selama ribuan tahun. Penamaan berasalnya yang tidak pasti, mungkin berai sal kata Quarz dari Jerman, sebuah kata asal kuno dan tidak pasti.

3.     Sifat Fisik
Kuarsa – SiO2
Sistem Kristal  : Heksagonal
Belahan           : Conchoidal
Kekerasan       : 7
BD                   : 2,65
Kilap                :Kaca
Warna             : Tidak berwarna, putih, kuning, jingga, hitam, ungu
Optik               : so (+)
Terdapatnya    : Pada batuan beku, metamorfosa dan sedimen

4.      Kegunaan
Kristal kuarsa alami memiliki terlalu banyak kotoran kimia dan kekurangan fisik. Akibatnya, proses komersial pabrikasi kuarsa murni, tanpa cacat, elektronik kelas dikembangkan. Kuarsa diolah yaitu, kristal kuarsa berkembang dalam kondisi laboratorium yang sangat terkendali. Kuarsa hasil olahan digunakan dalam industri. Sekitar 200 metrik ton kuarsa olahan diproduksi setiap tahun.
Ada dua kegunaan utama yang sama sekali berbeda untuk kristal kuarsa. Salah satunya adalah sebagai batu permata. Varietas dikenal asrock kristal, amethyst, kuarsa berasap, naik kuarsa dan citrine dalam permintaan sebagai batu permata murah tapi menarik. Untuk aplikasi permata, kuarsa biasanya dipotong dan faceted untuk perhiasan, atau diukir dalam berbagai bentuk dengan tangan atau oleh laser. Kuarsa digunakan sebagai batu permata semimulia. Bentuk cryptocrystalline sebagai batu permata seperti batu akik, jasper, onyx, akik, chalcedony, dll.
Kuarsa digunakan dalam aplikasi elektronik, di mana sifat fisiknya. Kuarsa adalah salah satu dari beberapa mineral yang piezoelektrik, yang berarti bahwa ketika tekanan diterapkan pada kuarsa, muatan listrik positif dibuat disalah satu ujung kristal dan muatan listrik negatif pada lainnya. Hal ini juga sangat piroelektrik yang berarti bahwa perubahan suhu dapat menyebabkan pengembangan muatan positif dan negatif dalam kristal. Sifat fisik tersebut membuat kuarsa menjadi berharga dalam aplikasi elektronik. Kuarsa digunakan karena transparan, tangguh, dan tidak berubah komposisi kimia. Karena sifat piezoelektrik yang kuarsa digunakan untuk pengukur tekanan, osilator, resonator, dan stabilisator gelombang; karena kemampuannya untuk memutar bidang polarisasi cahaya dan transparansi dalam sinar ultraviolet ini digunakan dalam panas sinar lampu, prisma, dan lensa spectrographic.
Elektronik kelas kuarsa diproduksi digunakan dalam sejumlah besar sirkuit untuk produk elektronik konsumen seperti komputer, ponsel, televisi, radio, dan permainan elektronik. Hal ini juga digunakan untuk membuat perangkat kontrol frekuensi dan filter elektronik yang menghilangkan frekuensi elektromagnetik. Dalam industri, kuarsa juga digunakan dalam berbagai perangkat elektronik.

5.     Penyebaran
Kuarsa ditemukan di banyak negara pada berbagai lingkungan geologi. Produsen utama kristal kuarsa alami adalah Amerika Serikat (terutama Arkansas) dan Brasil. Alam kuarsa jarang digunakan seperti yang ditemukan di alam (terutama dalam aplikasi listrik), kecuali sebagai batu permata. Sumber utama untuk kristal kuarsa untuk industri adalah Kanada, Brasil, Jerman, Afrika Selatan, Venezuela dan Madagaskar.
Penyebaran kuarsa di Indonesia tersebar diberbagai daerah seperti terlihat pada Tabel 1.


Tabel  1. Penyebaran kuarsa
Provinsi
Lokasi
Bangka Belitung
Lepar Pongok, Gantung, Tanjung Pandan
Kepulauan Riau
Karimun, Natuna, Lingga
Lampung
Desa Margosari, Desa Panggungrejo, Desa Sukamulya
                                Sumber : dari berbagai sumber

6.     Daftar Acuan

Undang-Undang
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1967 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertambangan.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.
Undang-Undang Nomor  4  Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.
Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Peraturan Pemerintah
Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1999 tentang Analisa Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.
Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2010 tentang Wilayah Pertambangan.
Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Keputusan Presiden
Keputusan Presiden Nomor 32 Tahun 1990 tentang Pengelolaan Kawasan Lindung.

Peraturan Menteri
Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2008 tentang Tata Kerja Komisi Penilai Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.
Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 24 Tahun 2009 tentang Panduan Penilaian Dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

Buku, Majalah, Peta
Bahar, N., Latif, N.A.,  2002, Kusdarto, Arifin D., Inventarisasi Dan Evaluasi Mineral Non Logam Di Kabupaten Gorontalo Dan Boalemo Provinsi Gorontalo. Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Bandung.
Bates, R.L., 1969, Geology of the Industrial Rocks and Minerals, Dover Pub. Inc.
Battay, M.H., 1972, Mineralogy For Student, Longman Group Ltd.
Departemen Pertambangan, 1969, Bahan Galian Indonesia.
Eneste, Pamusuk, 2009, Buku Pintar Penyuting Naskah, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Graha, D.S., 1987, Batuan dan Mineral, PT. Nova, Bandung.
……......, 1994, Bahan Galian Indonesia, Unpub.
.........., 2011, Kisi Kisi Pertambangan, Unpub.
Halim, S., Harahap, I.A.,  Sukmawan, 2005, Inventarisasi Dan Evaluasi Mineral Non Logam Kabupaten Sumbawa Barat Dan Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Bandung.
Halim, A.S., Muksin, I., Bakkara, J., 2006, Inventarisasi Dan Penyelidikan Mineral Non Logam Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.  Pusat Sumber Daya Geologi, Bandung.
Hurlburt, C.S., 1971, Dana’s Manual of Mineralogy, Eignteenth Ed., John Wiley and Sons.
Kaelani M.S., Sutisna T., Muksin I., Kusumah T., Inventarisasi Dan Evaluasi Mineral Non Logam di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan Dan Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung. Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Bandung.
Madjadipoera, T., 1990, Bahan Galian Industri Indonesia, Direktorat Sumberdaya Mineral.
Priyono, S.,   Labaik, G.,  Abdullah, S.,  Kusumah, T.T.,  Susilo, H., Jajah, 2005, Inventarisasi   Dan   Evaluasi   Mineral   Non   Logam Daerah  Kabupaten  Sinjai  Dan  Bone,  Provinsi   Sulawesi  Selatan. Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Bandung. 
Priyono, S.,  Bahar, N.,  Labaik, G.,  Mudjahar,  Arifin, D.,  Susilo H., 2006, Inventarisasi  Dan  Evaluasi  Mineral  Non  Logam Di  Daerah  Kabupaten  Buru  Dan  Kabupaten  Seram  Bagian  Barat Provinsi  Maluku Utara. Pusat Sumber Daya Geologi, Bandung. 
Priyono, S., Latif, N.A., Tandjung, S.A.W., Inventarisasi  Dan  Evaluasi  Mineral  Non  Logam  Di  Kabupaten Pangkajene  Kepulauan  Dan  Kabupaten   Barru, Provinsi  Sulawesi  Selatan. Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Bandung.
Raja, M., 2006, Inventarisasi Dan Evaluasi Bahan Galian Non Logam Daerah Kabupaten Nias Dan Nias Selatan. Provinsi Sumatera Utara.  Pusat Sumber Daya Geologi, Bandung.
………., 2006, Inventarisasi dan Penyelidikan Bahan Galian Non Logam di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Irian Jaya Barat.  Pusat Sumber Daya Geologi, Bandung.
Rusmana, E., K. Suwitodirdjo, Suharsono, 1991, Geologi Lembar Serang, Jawa, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.
Sanusi, B., 1984, Mengenal Hasil Tambang Indonesia, PT Bina Aksara, Jakarta.
Suhala, S., M. Arifin (Ed.), 1997, Bahan Galian Industri, Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Mineral.
Sujatmiko, S. Santosa, 1992, Geologi Lembar Leuwidamar, Jawa, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.
Sukmawardany, R., Adrian, Z., Bahar, N., 2004, Inventarisasi Dan Evaluasi Mineral Non Logam Di Daerah Kabupaten Majene Dan Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Bandung.
Supardan, K.M., Sutandi, A., 2006, Inventarisasi Dan Evaluasi Bahan Galian Non Logam Di Kabupaten Musi Rawas Dan Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.  Pusat Sumber Daya Geologi, Bandung.
Supardan K.M., Sukmawan, Sutandi A., 2006, Inventarisasi Dan Evaluasi Bahan Galian Non Logam Di Kabupaten Lampung Tengah Dan Lampung Timur, Provinsi Lampung. Pusat Sumber Daya Geologi, Bandung.
Yusuf A.F., Aswan I., Halim S., Inventarisasi Dan Penyelidikan Bahan Galian Non Logam Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Bandung.
Zulfikar, Zainith, A., Sulaeman, A.S., 2005, Inventarisasi Dan Evaluasi Mineral Non Logam Kabupaten Rokan Hulu Dan Rokan Hilir, Provinsi Riau.  Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral, Bandung.
 

Internet 
http://www.mii.org

1 komentar:

  1. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( MALUKU UTARA )
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Batu murni dari proses alam.
    - Batu kualitas tinggi.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 750.000rb
    5.ons Rp.2.500.000
    1.kg Rp 3.750.000
    5 kg Rp 10.000.000
    10 Kg Rp 17.500.000
    15,kg Rp.20,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin,
    untuk yg mau pesan hub ;
    Hp.; 0822-9132-0487
    pin : 598B3166
    adapun cara transakai,anda bisa datang langsung ke rumah kami. alamatnya di jl buana seli No 76 rt 016 rw 002,
    desa/kel ;labuhan, kec ;bacan, kab ; halmahera selatan, prof ; maluku utara.
    barang juga bisa kami kirim lewat jasa pengiriman tiki,jne,pos,muatan udara dan lewat kargo bandara.
    harga paling murah dan bersahabat, pelayanan cepat, sms pasti di balas 1x24 jam.
    pengiriman cepat,no resi pasti di kirim pada pembeli,stok akan selalu di update setiap minggu.
    banyak bonusnya gan,gratis ongkos kirim ke seluruh indoneia.
    INGAT..!!!!! HATI-HATI PENIPUAN DENGAN HARGA MURAH SALAH ORANG ANDA BISA TERTIPU.

    BalasHapus