Senin, 20 Februari 2012

Emas


Emas
Emas sudah diketahui orang sejak ratusan tahun yang lalu. Di alam kedua logam tersebut seringkali terdapat bersama-sama dalam endapan bahan galian, dan biasanya berasosiasi dengan logam-logam: tembaga, besi, seng dan logam-logam yang termasuk dalam grup platina. Disamping itu sebagai mineral pengikutnya ialah kuarsa, galena, pirit, kalkopirit, spalerit, arsenopirit, pirit dan lain-lain yang umumnya berupa mineral sulfida.
Bijih emas terdapat dalam cebakan-cebakan bermacam-macam tipe dalam batuan beku maupun batuan sedimen sebagai endapan letakan (placer) sebagai logam dasar yakni emas yang dihasilkan sebagai hasil sampingan. Sedangkan asalnya dari pada cebakan bijih emas, sebagai berikut :
¨      Konsentrasi magmatis.
¨      Kontak metasomatisma.
¨      Penggantian unsur (replacement)
Masif, Lode/Vein, Tersebar (dissemanated), Pengisin celah-celah (cavity filling)
¨      Konsentrasi sisa (residual concentration)
¨      Konsentrasi mekanis (mechanical concentration).
Ditinjau dari sudut minerologi adanya emas komersil dapat dikelompokan sebagai berikut : Pertama emas alam, terdapat dalam endapan placer atau berupa urat-urat/vein maupun  sebagai emas alam mungkin sekali terdapat bersama-sama dengan perak. Umumnya kandungan perak dapat mencapai 10 – 15 %. Ke dua ikatan dengan tellurida, disini ada beberapa macam ikatan tellurida misalnya : Calaverit (Au Te2) kandungan emasnya 39 - 44 %. Silvanit atau dapat juga disebut “graphic tellurium” (An, Ag)Te2; kandungan emasnya 24 – 30 %. Krenerite (Au Te2) kandungan emasnya 31 – 44 %. Petzit (Ag3 Au Te2) kandungan emasnya 19 – 25 %. Ke tiga hasil sampingan, maksudnya emas di sini bukan sebagai mineral utama dalam endapan bahan galian tersebut akan tetapi hanya merupakan mineral ikutan. Sehingga sewaktu diolah emasnya ikut terkonsentrasi dan dapat diambil sebagai hasil tambahan.
Emas sebagai hasil tambahan contohnya terdapat pada tambang tembaga dan seng. Tambang tembaga oleh Freeport Indonesia Inc, di Ertsberg Jaya Wijaya, Papua walaupun usaha pokoknya mengusahakan tembaga akan tetapi juga mempunyai hasil tambahan yakni dari emas dan perak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar